Monday 17 September 2012

Kerupuk Bawang: Cara Membuat Gampang

Pada bagian ini, aku akan sampaikan bahan dan cara membuat kerupuk bawang yang sukses itu.

BAHAN:

2 kg tepung kanji
1 kg tepung terigu
1 siung atau umbi bawang putih
garam
vitsin atau penyedap rasa
terasi
bleng atau pengenyal

CARA MEMBUATNYA:

Bawang, garam, terasi, bleng, dan vitsin dihaluskan. Kanji, tepung dicampur sama bumbu yang sudah dihaluskan, diaduk sama air, setelah diisi baru dicetak pakai loyang.
Biasanya aku pakai takaran 1 cangkir kecil untuk ukuran cetakan loyang ukuran sedang (bulat). Panci besar/dandang pastikan sudah mendidih airnya lalu masukka loyang cetakan tadi. Ngga usah ditutup, kalau kelihatan sudah kuning tandanya matang dan cepat angkat.

Jika anda berniat memproduksi massal atau banyak dengan tujuan dijual seperti yang kulakukan selama 7 tahun itu, sebaiknya siapkan minimal 3 loyang agar cepat. Jangan lupa usahakan adonan tetap stabil dengan cara diaduk terus demikian juga apinya juga stabil biar ngga gosong atau hangussss…heheeee…
Pada saat tiap selesai ngangkat cetakan yang sudah matang, ditumpuk saja kira-kira sampai tebalnya satu sentimeter. Mengirisnya yaa sesuai selera. Kalau untuk dijual mentah atau gorengan biasanya aku pakai penggaris kayu dengan pisai tajam yang selalu dilumuri keletik atau minyak goreng. Yaa seperti yang kita lihat di pasar itu, kotak-kotak.

Saran terbaik saya, belilah loyang yang bentuknya kotak atau persegi agar tidak banyak krepelannya/pinggiran yang terbuang. Kemudian proses selanjutnya adalah pengeringan.
Siapkan rigen atau anyaman dari bambu atau apa saja untuk tempat menjemur kerupuk kesayangan ini. Buka satu per satu kerupuk hasil irisan tadi sambil dengerin musik kesukaan anda. Pagi-pagi dijemur di bawah sinar matahari. Syukur bila anda mempunyai alat pengering sendiri, tambah maknyooosss… Setelah kering, simpan di temapat kedap udara agak tidak melempem kalau digoreng. Aku punya dandang buuueeesaaarrr kayak drum, untuk stok kalau ngga ada panas.
Dulu kami menjualnya matang, soalnya kalau dijual mentah rugi.

 Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang pingin praktik untuk kebutuhan hari-hari atau untuk kegiatan usaha sampingan yang pastia akan mendapatkan tambahan penghasilan, di sela waktu luang anda sekeluarga.
Sukses, sahabat terbaikku.