Thursday 4 October 2012

Antara: Kata Cinta, Keinginan, Kebebasan, dan Persahabatan

Silahkan pesen CD RW RPP SD Kurikulum 2013 kelas 1 n 4 semester 1 kepadaku, sekarang. CD RPP PAI kls 1 n 4 setahun/2 semester jg sudah tersedia. Jika anda SERIUS berminat, sms 081229910212. Kirimkan nama n alamat lengkap anda + kode pos, kan kukirim via Kantor Pos Besok pagi. Barang/paket nyampe di tangan anda, baru bayar/transfer. Okekah cikgukuuu?  Jika postingan ini bermanfaat, silahken dibagikan kpd sahabat guru lainnya. TRUST.

Cinta adalah sebuah kata dengan lima rangkaian huruf, 3 konsonan 2 vokal. Namun maknannya tiada seorangpun dapat menjelaskan dengan tepat. Karena memang termasuk kata yang bermakna relatif. Setiap orang atau mahluk bebas memaknai cinta sesuai dengan sikonnya. Tetapi, sebagai manusia beradab dan beragama, kita dibatasi oleh norma dan dogma agama. Yaa bijak-bijaklah memaknai dan menafsirkan cinta dalam tindakan nyata. Intinya, cinta sengaja diciptakan Tuhan untuk kebaikan semua ciptaanNya.


Cinta terkait erat dengan keinginan manusia, maka tak heran jika dia terukir  abadi dalam lagu, puisi, gambar dan kreasi apik lainnya. Seperti lirik lagu Iwan fals di atas dan gambar indah di bawah ini...Ohh cuintaaaa...
Oh yaa, cinta tak mengenal usia dan geografi lho. Walau rambut sudah beruban, bahkan sudah pikun pun masih bekerja tuh memori di otak dengan keyword: cinta. Tentunya dengan makna lain sesuai dengan faktor U-sia. Yang muda-belia cintanya menggelegak dawai asmaranya, yang tua tinggal kasih dan sayangnya. WARNING! CINTA TIDAK SAMA DENGAN NAFSU SYAHWAT.


 Sedangkan keinginan dan kebebasan adalah dua perasaan manusia yang ingin dipenuhi atau diwujudkan keberadaannya. Dari dulu sampai akhir dunia, manusia ingin terus berekspresi guna mewujudkan keinginannya sehingga dia mencapai kebebasan haqiqi. Misalnya dia ingin membuat toilet antik n beda n berdaya jual tinggi, seperti gambar di bawah ini. Hasil dari implementasi krestifitasnya, dia mendapatkan upah/uang/modal untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya, seperti kebutuhan primer(pangan, sandang, papan) dan kebutuhan sekunder(tamasya, pendidikan, sosial, dll).




 Sumber dari semuanya ini adalah di pusat kontrol tubuh manusia: OTAK. Antara otak kiri dan kanan hendaknya balance/imbang agar hidup yang singkat ini tidak kaku alias enjoy. Otak juga perlu refreshing dengan selingan music, seni atau bersosialita dengan lingkungannya. Bertemu dan berinteraksi dengan manusia lainnya dan diakui eksistensinya adalah juga termasuk kebutuhan manusia. Maka janganlah heran, di era high tech ini, facebook, twitter n BBM menjadi kebutuhan primer masyarakat modern. Semoga kita dapat memanfaatkan semua potensi dan aplikasi ini baik dan membuahkan aneka kebaikan, buat nambah bekal ibadah menuju Panggilan Tuhan. Semoga.