Friday 16 August 2013

Makalah Kepemimpinan-Keterampilan 4 M (Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan)

Silahkan pesan CD RPP Kurikulum 2013 SD Revisi terbaru 2017 SIAP PAKAI via sms: 081257225353 klik DI SINI

Petunjuk ini dapat membantu  teman-teman guru yang berminat mengikuti Seleksi Calon Kepala Sekolah  dan kepala sekolah yang mau mendapatkan SIM/NUKS, yang diselenggarakan/di-asesor-I oleh LP2KS. Dengan adanya petunjuk ini, jauh-jauh hari anda belajar menyusun makalah kepemimpinan berdasarkan pengalaman sendiri atau bukan copas. Semoga bermanfaat, dan jika menurut anda bermanfaat, silahkan share.

a.       Pendahuluan.
Bagian ini memuat pemikiran umum tentang kepemimpinan (jelaskan secara singkat makna/pengertian  judul per kata kemudian simpulkan).

b.      Wawasan calon kepsek tentang keterampilan kepemimpinan.
Bagian ini berisi pandangan/pemikiran calon tentang keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Keterampilan ini meliputi keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan (4 M) sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).

c.       Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4 M yang telah calon lakukan di sekolah/madrasah. Pengalaman diri terkait dengan keterampilan kepemimpinan calon dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan sumber daya pendidikan (daya dukung sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah madrasah. Pengalaman diri kepemimpinan calon yang dapat digali dari penerapan tugas pokok dan tambahan calon di sekolah/madrasah, yang meliputi antara lain: pengalaman calon ketika menjadi pemimpin pembelajaran (guru), wakil kepala sekolah/madrasah, ketua jurusan, Pembina OSIS, penanggung jawab eskul, ketua program, wali kelas, koordinator penerimaan siswa baru, ketua laboratorium, koordinator kegiatan, dsb.

Penilaian diri terkait dengan keterampilan kepemimpinan calon dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan sumber daya pendidikan (daya dukung tujuan sekolah/madrasah berdasarkan pengalaman yang telah dimiliki.

d.      Rencana tindakan kepemimpinan calon kepala sekolah/madrasah.
Rencana tindakan pengembangan diri, yang ditulis terkait dengan keterampilan kepemimpinan yang berdasarkan pada hasil penilaian diri calon yang telah dilakukan di bagian sebelumnya. Misalnya, jika calon merasa masih kurang di dalam keterampilan mempengaruhi orang, bagaimana cara calon meningkatkan keterampilan ini? Cara peningkatan keterampilan ini harus dituangkan ke dalam rencana tindakan, yang memuat: rencana program, alasan pemilihan program, dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.

Rencana tindakan pengembangan sekolah. Profil rencana tindakan pengembangan sekolah yang ditulis berdasarkan situasi dan kondisi sekolah/madrasah tempat calon bertugas saat ini. Jika anda selaku calon kepala sekolah/madrasah menjadi pemimpin di sekolah/madrasah ini, apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sekolah/madrasah ini? Apa yang akan anda lakukan ini dituangkan dalam rencana tindakan yang sudah memuat: rencana program, alasan pemilihan program, dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.

e.      Penutup. Paragraf yang mengakhiri semua uraian di atas.

Biasanya, kertas folio bergaris 4 halaman sudah distempel, disediakan panitia. Tidak boleh ada garis yang kosong/tanpa spasi. Waktunya 5X45 menit. So, mulai sekarang anda dapat latihan, semoga sukses, sahabat terbaikku.Saran, pada saat anda mengikuti sesi ini, jangan pernah ragu menuliskan apa saja yang ada di kepala anda. Karena waktu sudah ditentukan dan tidak boleh nyontek, jangan pakai tip ex, cukup dicoret dua kali, biar cepat penuh hehehhheee...  Sumber tulisan: LP2KS
Oke, jika menurut anda bermanfaat, silahkan share.

CLICK