Silahkan pesan CD RPP Kurikulum 2013 SD Revisi terbaru 2017 SIAP PAKAI via sms: 081257225353 klik DI SINI
Petunjuk ini dapat membantu teman-teman guru yang berminat mengikuti Seleksi Calon Kepala Sekolah dan kepala sekolah yang mau mendapatkan SIM/NUKS, yang diselenggarakan/di-asesor-I oleh LP2KS. Dengan adanya petunjuk ini, jauh-jauh hari anda belajar menyusun makalah kepemimpinan berdasarkan pengalaman sendiri atau bukan copas. Semoga bermanfaat, dan jika menurut anda bermanfaat, silahkan share.
Petunjuk ini dapat membantu teman-teman guru yang berminat mengikuti Seleksi Calon Kepala Sekolah dan kepala sekolah yang mau mendapatkan SIM/NUKS, yang diselenggarakan/di-asesor-I oleh LP2KS. Dengan adanya petunjuk ini, jauh-jauh hari anda belajar menyusun makalah kepemimpinan berdasarkan pengalaman sendiri atau bukan copas. Semoga bermanfaat, dan jika menurut anda bermanfaat, silahkan share.
a. Pendahuluan.
Bagian
ini memuat pemikiran umum tentang kepemimpinan (jelaskan secara singkat
makna/pengertian judul per kata kemudian
simpulkan).
b. Wawasan calon kepsek tentang keterampilan
kepemimpinan.
Bagian
ini berisi pandangan/pemikiran calon tentang keterampilan kepemimpinan yang
harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Keterampilan ini meliputi
keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan,
Mengembangkan, dan Memberdayakan (4 M) sumber daya pendidikan untuk
mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).
c. Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4
M yang telah calon lakukan di sekolah/madrasah. Pengalaman diri terkait
dengan keterampilan kepemimpinan calon dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan sumber
daya pendidikan (daya dukung sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah
madrasah. Pengalaman diri kepemimpinan calon yang dapat digali dari penerapan
tugas pokok dan tambahan calon di sekolah/madrasah, yang meliputi antara lain:
pengalaman calon ketika menjadi pemimpin pembelajaran (guru), wakil kepala
sekolah/madrasah, ketua jurusan, Pembina OSIS, penanggung jawab eskul, ketua
program, wali kelas, koordinator penerimaan siswa baru, ketua laboratorium, koordinator
kegiatan, dsb.
Penilaian
diri terkait dengan keterampilan kepemimpinan calon dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan sumber
daya pendidikan (daya dukung tujuan sekolah/madrasah berdasarkan pengalaman
yang telah dimiliki.
d. Rencana tindakan kepemimpinan calon kepala
sekolah/madrasah.
Rencana
tindakan pengembangan diri, yang ditulis terkait dengan keterampilan
kepemimpinan yang berdasarkan pada hasil penilaian diri calon yang telah
dilakukan di bagian sebelumnya. Misalnya, jika calon merasa masih kurang di
dalam keterampilan mempengaruhi orang, bagaimana cara calon meningkatkan
keterampilan ini? Cara peningkatan keterampilan ini harus dituangkan ke dalam
rencana tindakan, yang memuat: rencana program, alasan pemilihan program, dan
langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
Rencana
tindakan pengembangan sekolah. Profil rencana tindakan pengembangan sekolah
yang ditulis berdasarkan situasi dan kondisi sekolah/madrasah tempat calon
bertugas saat ini. Jika anda selaku calon kepala sekolah/madrasah menjadi
pemimpin di sekolah/madrasah ini, apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan
kualitas sekolah/madrasah ini? Apa yang akan anda lakukan ini dituangkan dalam
rencana tindakan yang sudah memuat: rencana program, alasan pemilihan program,
dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
e.
Penutup.
Paragraf yang mengakhiri semua uraian di atas.
Biasanya, kertas folio bergaris 4 halaman sudah distempel,
disediakan panitia. Tidak boleh ada garis yang kosong/tanpa spasi. Waktunya
5X45 menit. So, mulai sekarang anda dapat latihan, semoga sukses, sahabat
terbaikku.Saran, pada saat anda mengikuti sesi ini, jangan pernah ragu menuliskan apa saja yang ada di kepala anda. Karena waktu sudah ditentukan dan tidak boleh nyontek, jangan pakai tip ex, cukup dicoret dua kali, biar cepat penuh hehehhheee... Sumber tulisan: LP2KS